Blogroll

Home » , , , , , , , » Pengolahan Nilai UN SMP/MTs

Pengolahan Nilai UN SMP/MTs

Pengolahan Nilai Sekolah jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang menggunakan aplikasi khusus. Pengolahan Nilai tahun ini menggunakan form excel yang tentunya memudahkan sekolah dalam menyelesaikannya.

Berdasarkan petunjuk Badan Penelitan dan Pengembangan Kemdikbud, bahwa pengolahan nilai sekolah (data rapor) yang dikumpul tahun ini adalah :
(a) data identitas individu peserta didik, dan 
(b) nilai rapor seluruh siswa kelas VII sampai dengan kelas IX (SMP dan MTs) dan kelas X sampai dengan kelas XII (SMA, MA, SMK) untuk semua mata pelajaran.
untuk jenjang SD/MI, hingga saat postingan ini di publikasikan belum ada petunjuk khusus yang mengatur hal tersebut. 

Tanpa perlu panjang lebar, berikut cara pengisiannya :
1. Isi biodata/data identitas individu peserta didik untuk peserta tahun masuk 2012 dan 2011 (kelas VII untuk jenjang SMP/MTs dan Kelas X untuk jenjang SMA/MA dan SMK).


 untuk data identitas individu peserta didik untuk tahun masuk 2010 (kelas IX untuk jenjang SMP/MTs dan kelas XII untuk jenjang SMA/MA dan SMK) harusnya sudah ada, seperti gambar berikut. 



2. setelah biodata diisi, kita masuk pada langkah kedua, yakni pengisian nilai. Klik sms-1 untuk mengisi nilai semester 1, sms-2 untuk mengisi nilai semester 2 dan seterusnya.



3. setelah semua nilai terisi, segera serahkan nilai tersebut dalam bentuk soft copy (CD) dan print out nya sebelum tanggal 22 Maret 2013 ke Operator UN Dinas Pendidikan setempat.

Untuk jenjang SD/MI cara pengisiannya sama. Hanya saja, yang diisi hanya untuk calon peserta UN saja.

Jangan lupa comment ya...



2 komentar:

  1. Bagus sekali Pak.... ini sangat membantu. Aplikasi Nilai Rapor, Nilai US dan Nilai Mulok. sudah kami terima. setelah pelaksanaan Ujian Semester terakhir dan US data nilai akan kami entri ke aplikasi dan dikirim ke dinas. Korekse sedikit pak, dalam judul dituliskan "Pengolahan Nilai UN SMP/MTs" namun dalam uraian dijelaskan juga SD dan SMA yang belum selesai/tuntas. takutnya nanti malah membingungkan.
    Pengumpulan data nilai dalam bentuk CD yang kami terima saat MKKS, tanggal 25 Maret 2013. Apa ada perubahan, takutnya nanti menjadi kendala.
    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih atas koreksinya pak,
      Pada dasarnya form SD sampai SMA sama kok pak, cuma kebetulan sampelnya saya ambil untuk jenjang SMP.
      Pengumpulan data raport sebaiknya pada tanggal 22 Maret 2013 Pak, jadi tgl 23 dan 24 Maret 2013 bisa kami koreksi dan input ke dalam Aplikasi khusus pengolahan nilai tersebut dan hari seninnya, tgl 25 Maret 2013 sudah bisa diantar ke Dinas Provinsi.

      Delete

Popular Posts

Pendidikan Sepanjang Hayat

Eksistensi manusia memerlukan sebuah proses untuk mencapai tujuannya dengan sebuah media yang disebut pendidikan. Manusia dianjurkan menuntut ilmu yang berguna sepanjang hayatnya, karena derajat orang berilmu sedikit lebih tinggi dari pada orang-orang beriman. Akan lebih baik jika keduanya ada digenggamanmu. Muara Tebo, 19 Maret 2016