Blogroll

Home » , » PEDOMAN OSN 2016

PEDOMAN OSN 2016

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan salah satu wahana bagi siswa untuk menumbuh kembangkan semangat kompetisi akademik untuk mendorong keberanian bersaing secara sehat sekaligus untuk meningkatkan kemampuan akademik dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Sasaran kegiatan OSN SMP Tahun 2016 adalah siswa SMP/MTs, SMP Terbuka, SD–SMP Satu Atap, MTs, baik negeri maupun swasta. 

Adapun Bidang lomba dalam OSN 2016 meliputi: 1. Matematika 2. IPA 3. IPS 


Bentuk Kegiatan dan Materi Lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tahun 2016: Tingkat kabupaten/kota dan provinsi: seleksi dilakukan melalui tes tertulis (materi soal disiapkan oleh Direktorat Pembinaan SMP). Sedangkan Tingkat nasional: seleksi dilakukan melalui tes teori untuk Matematika, tes teori dan eksperimen/ praktikum untuk IPA dan IPS.


Waktu Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tahun 2016

1 Seleksi tingkat sekolah Februari 2016 Sekolah

2 Lomba tingkat kabupaten/ kota Maret 2016 Ibu kota kabupaten/ kota

3 Lomba tingkat provinsi April 2016 Ibu kota provinsi
4 Lomba tingkat nasional 16-21 Mei 2016 Palembang, Sumatera Selatan 

Persyaratan Peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tahun 2016 terbuka untuk siswa SMP, SMP Terbuka, SD-SMP Satu Atap, MTs, baik negeri maupun swasta yang berkewarganegaraan Indonesia dan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Tidak pernah terdaftar sebagai peserta OSN tingkat nasional tahun sebelumnya yang diselenggarakan oleh Kemdikbud.
  2. Terdaftar sebagai siswa SMP/MTs atau yang sederajat, duduk di kelas VII atau kelas VIII pada saat mengikuti lomba di tingkat kabupaten/kota. Saat mengikuti lomba tingkat provinsi maupun nasional masih berstatus sebagai peserta didik SMP/MTs atau sederajat dan sekurang-kurangnya telah mengikuti proses belajar mengajar selama satu semester di sekolah tersebut, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
  3. Memiliki nilai rapor sejak semester pertama serendah-rendahnya 7,5 (tujuh koma lima) untuk bidang lomba yang akan diikuti.
  4. Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras, yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah. 
  5. Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan berdasarkan surat keterangan kepala sekolah.
  6. Peserta hanya berhak mengikuti satu bidang lomba. 
Download Juklak/Pedoman OSN 2016 

Download juga Silabus OSN 2016

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Pendidikan Sepanjang Hayat

Eksistensi manusia memerlukan sebuah proses untuk mencapai tujuannya dengan sebuah media yang disebut pendidikan. Manusia dianjurkan menuntut ilmu yang berguna sepanjang hayatnya, karena derajat orang berilmu sedikit lebih tinggi dari pada orang-orang beriman. Akan lebih baik jika keduanya ada digenggamanmu. Muara Tebo, 19 Maret 2016