Modul 2 - Sekolah Sehat, Aman, Ramah Anak & Menyenangkan
Siswa SMP Tebo pada saat Onhouse Training Pendampingan K13 |
STANDAR SEKOLAH MENYENANGKAN :
Siswa SMP Tebo pada saat Onhouse Training Pendampingan K13 |
- Siswa menikmati belajar di sekolah
- Guru menikmati mendidik di sekolah
- Siswa tertantang dengan kegiatan-kegiatan di sekolah
- Siswa mengembangkan kompetensi, tidak hanya mendapat nilai tinggi semata
- Siswa mempelajari ketrampilan dan tidak hanya fakta-fakta ketrampilan
- Nilai-nilai moral menjadi fokus dan diteladankan oleh setiap anggota komunitas sekolah
- Cukup atmosfer inklusif dimana semua siswa dihargai berdasar jati diri mereka dan apa yang mereka bisa
- Isu-isu penting bullying dan sebagai aspek sosial dan emosional lain dalam kehidupan sekolah di diskusikan secara terbuka dan positif
- Kemampuan untuk berfikir sendiri didorong dan dikembangkan bagi seluruh siswa
- Sekolah memiliki unsur kesenangan dan keriangan;
- Aspek-aspek seperti ingin tahu, kekaguman, keberanian, kegigihan dan ketahanan didorong dan disambut secara aktif;
- Guru terbuka terhadap ide-ide baru dan tertarik melakukan berbagai kegiatan bersama;
- Sekolah mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia pendidikan dan pembelajaran;
- Sekolah mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia tehnologi pendidikan;
- Harapan yang tinggi juga di sematkan kepada para guru dan pengelola sekolah, seperti juga disematkan kepada para siswa;
- Kepala Sekolah “terlihat” dan mudah diajak berinteraksi;
- Siswa disadarkan bahwa mengeluarkan yang terbaik dari diri sendiri tidak harus berarti menjadi lebih baik dari orang lain;
- Sekolah terbuka hal-hal diluar dugaan (yang positif);
- Siswa diajak berfikir tentang, berinteraksi dengan, dan berusaha berkontribusi pada kehidupan di luar dinding sekolah;
- Sekolah sadar bahwa pembelajaran adalah sesuatu yang bisa dilakukan siswa kapanpun, dimanapun dan hanya sebagian yang perlu dilakukan di dinding sekolah;
- Komunitas sekolah terbentang sampai keluar dinding sekolah (melibatkan masyarakat);
- Proses belajar mengajar di dalam sekolah memasukkan berbagai fariasi kemungkinan dan kesempatan pembelajaran;
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanggung jawab terhadab sesuatu dan untuk mengambil keputusan yang berdampak penting;
- Hasil pembelajaran yang didapatkan cukup sebagai bekal siswa untuk melangkah kefase hidup berikutnya;
- Resepsionis, Guru, Petugas Kebersihan dan seluruh staf sekolah tersenyum terhadap orang tua dan pengunjung sekolah.
KEGIATAN UNTUK MENCAPAI SEKOLAH MENYENANGKAN
- Memetakkan kebutuhan siswa dan warga sekolah lainnya;
- Memetakkan jenis kecerdasan siswa, sehingga mempermudah guru dalam memahami perkembangan siswa;
- Merancang lingkungan sekolah yang indah, hijau, bersih sebagai ruang publik siswa;
- Merancang metode dan kurikulum pembelajaran yang tidak membosankan, variatif, dialogis; dan inspiratif, dilengkapi game, gambar, video, dan media pembejaran lainnya;
- Merancang program kerja kegiatan ekstrakulikuler yang didasarkan pada kebutuhan siswa;
- Merancang kerjasama yang baik dan menguntungkan dengan masyarakat ataupun lembaga-lembaga luar sekolah yang didasarkan pada kebutuhan sekolah dan perbaikan mutu sekolah;
- Merancang bentuk-bentuk pelatihan guru dan tenaga kependidikan yang terfokus pada upaya membentuk sekolah yang menyenangkan;
- Merancang desain ruang kelas yang variatif, tidak membosankan, dan disukai siswa dan warga sekolah;
- Mengajak partisipasi masyarakat sekitar sekolah untuk bersama-sama mengoptimalkan peran sekolah sebagai tempat menyenangkan dalam mendidik anak;
- Mengoptimalkan kegiatan sekolah sehat;
- Mengoptimalkan kegiatan sekolah aman;
- Mengoptimalkan kegiatan sekolah ramah anak;
0 komentar:
Post a Comment