Blogroll

Home » » KUMPULKAN TULISAN CERITA RAKYAT, LEGENDA DAN PERMAINAN TRADISIONAL DIDESAMU

KUMPULKAN TULISAN CERITA RAKYAT, LEGENDA DAN PERMAINAN TRADISIONAL DIDESAMU

Dalam rangka penyusunan kurikulum Muatan Lokal Budaya Daerah Tebo, kami mengajak Bapak/Ibu/Sdr untuk menuliskan cerita rakyat dan permainan tradisional anak-anak untuk wilayah dalam Kabupaten Tebo.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas bercerita di kalangan masyarakat dalam rangka melindungi kekayaan budaya yang diintegrasikan dalam materi pelajaran Muatan Lokal Budaya Daerah Tebo jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di wilayah Kabupaten Tebo.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat terdokumentasi cerita rakyat dan permainan tradisional daerah Tebo dan tertanam nilai-nilai budaya sehingga nilai-nilai tersebut teraplikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Kategori cerita rakyat adalah mitos, dongeng maupun legenda serta kisah terjadinya nama desa di wilayah dalam Kabupaten Tebo. Sementara permainan tradisional merupakan permainan tradisional anak-anak yang berkembang dan dimainkan di Kabupaten Tebo.

Ketentuan Umum :
  1. Naskah cerita dan permainan tradiosional merupakan penulisan kembali karya orisinal perorangan yang belum pernah dipublikasikan dan bersumber pada cerita rakyat di wilayah dalam Kabupaten Tebo.
  2. Cerita rakyat dan permainan tradisional yang ditulis kembali diharapkan diambil dari cerita rakyat yang selama ini belum banyak digali.
  3. Setiap peserta hanya dapat mengirimkan naskah 3 (tiga) judul.
  4. Panjang naskah terdiri atas 10–15 halaman tanpa gambar/ilustrasi.
  5. Naskah diketik di atas kertas A4, Times New Roman 12, spasi 1,5, margin kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 3 cm, dan bawah 3 cm.
  6. Judul cerita bebas dan sesuai dengan inti cerita dan tema lomba. Cerita tidak mengandung SARA, pornografi, dan kekerasan.
  7. Penulisan ditutup tanggal 10 Mei 2016.
  8. Naskah yang dikirim menjadi milik Seksi Kurikulum Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Tebo serta hak cipta tetap pada pengarang.
  9. Naskah dan fotokopi KTP/Kartu Pelajar peserta dikirim dalam bentuk softcopy ke alamat email ceritarakyattebo@gmail.com dan  hardcopy ke Seksi Kurikulum Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Tebo.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Pendidikan Sepanjang Hayat

Eksistensi manusia memerlukan sebuah proses untuk mencapai tujuannya dengan sebuah media yang disebut pendidikan. Manusia dianjurkan menuntut ilmu yang berguna sepanjang hayatnya, karena derajat orang berilmu sedikit lebih tinggi dari pada orang-orang beriman. Akan lebih baik jika keduanya ada digenggamanmu. Muara Tebo, 19 Maret 2016